Home » » Windows Script Host Access is Disabled On This Machine

Windows Script Host Access is Disabled On This Machine

       Windows Script Host atau WSH merupakan salah satu fitur bawaan dari microsoft untuk pelaksanaan script pada komputer anda seperti VB atau Java. Jika WSH ini aktif secara default, WSH memungkinkan administrator sistem untuk mengotomatisasi sejumlah proses pada sistem Windows melalui script misalnya seperti drive jaringan dan juga koneksi printer
       Ketika Windows Script Host ini dalam keadaan disable kemungkinan komputer akan memunculkan pesan "error script host access is disabled on this machine" atau "script host run.vbs" pada windows 7, windows 8, windows 8.1 dan juga windows 10. Ternyata untuk mengatasi masalah ini cukup mudah dan cepat karena tanpa menggunakan aplikasi / software tambahan. Karena di sini kita hanya memerlukan regedit (Registry Editor) yang mana kita ketahui bersama regedit ini adalah fitur bawaan windows. Tapi bukan berarti dengan mengaktifkan WSH ini akan memperbaiki error Windows Script Host pada komputer anda. Siapa tahu Penyebabnya dari faktor lainya misalnya antivirus yang terinstall di komputer / laptop anda. Untuk itu saya akan memberikan Cara Mengatasi Windows Script Host Windows 7, 8.1 dan 10 pada keduanya (WSH dan Antivirus).
        Pada postingan kali ini, Saya akan berbagi tentang bagaimana mengatasi masalah (memperbaiki) error pada windows. Jika kalian mengalami error "Windows Script Host access is disabled on this machine. Contact your administrator for more details.", inilah cara untuk memerbaikinya. Dan seperti saya jelaskan di atas Windows Script Host (WSH) adalah teknologi Microsoft yang menyediakan kemampuan scripting seperti file batch, tetapi mencakup lebih banyak fitur. Script tersebut dapat dijalankan langsung dari desktop dengan mengklik dua kali file script , atau dari command prompt (CMD). Penyebab error ini biasanya karena adanya virus HTML yang menonaktifkan sistem WSH.  Mari kita bahas cara perbaiki error yang satu ini.

Cara Mengatasi Windows Script Host Windows
  • Tekan windows + R secara bersamaan pada keyboard. 
  • Selanjutnya ketikan regedit.exe atau regedit saja lalu tekan enter. 
  • Setelah registry editor terbuka, selanjutnya anda masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE » Software » Microsoft » Windows Script Host » Settings. 
  • Pada panel sebelah kanan klik ganda pada file Enabled setelah itu ganti value data menjadi angka 1 Namun bila tidak ada Enabled kamu bisa klik kanan trus pilih New lalu pilih sesuai type windows kamu misal 32 atau 64 setelah itu ubah namnya menjadi Enabled setelah itu ganti value data menjadi angka 1 Pada Base tetap di hexadecimal. Setelah itu pilih Ok
  • Sudah selesai semua langkah di atas kita tinggal keluar dan restar laptop atau pc kamu.
      Bila masalah tersebut masih muncul juga, Kemungkinan penyebabnya adalah antivirus kamu dan biasanya oleh antivirus Smadav dan untuk mengatasinya kamu cukup klik kanan Pada icon Smadav di Notifications area sebelah kanan bawa lalu Pilih Allow Windows Script & Macro (Forever).
      Bagai mana cukup mudah bukan, Intinya penyebab ini adalah si antivirus itu sendiri. Selamat mencoba dan semoga work.

Comments
0 Comments

0 komentar: